Minggu, 28 Oktober 2012

Teori Akuntansi

Teori menurut Suwardjono(2006), merupakan sesuatu yang abstrak, penjelasan ilmiah, penalaran logis.
Akuntansi menurut AICPA (1953) adalah seni pencatatan, pengelompokan, dan peringkasan, dalam bentuk yang berarti tentang transaksi dan peristiwa ekonomi (keuangan) dan interprestasi hasilnya.Prosedur yang digunakan organisasi untuk mencatat, mengelompokkan, meringkas, dan interpretasi.
Sedangkan Teori Akuntansi menurut Hendrickson dan Van Breda (1992), adalah seperangkat prinsip-prinsip yang luas yang memberikan rerangka referensi umum untuk mengevaluasi praktek akuntansi dan memberikan pedoman dalam mengembangkan praktek dan prosedur akuntansi yang baru

Teori Akuntansi dan Perkembangannya
# Akuntansi sebagai seni
 Seni adalah keterampilan mengerjakan sesuatu atau menrapkan konsep yang memerlukan perasaan, intuisi, pengalaman, bakat, dan pertimbangan.Keahlian dan pengalaman diperlukan untuk memilih perlakuan terbaik dalam rangka mencapai suatu tujuan.
 Akuntansi sebagai seni yaitu akuntansi sebagai bidang pengetahuan keterampilan, keahlian, dan kerajinan yang menuntut praktik untuk menguasainya. Akuntansi menuntut pertimbangan dalam penerapannya. Pertimbangan dituntun oleh pengalaman dan pengetahuan.
# Akuntansi sebagai sains
 Sains adalah pengetahuan untuk menjelaskan dan meramalkan gejala alam dan sosial seperti apa adanya dengn metoda ilmiah. Mengajukan dan menetapkan kebenaran penjelasan atau pernyataan tentang suatu masalah. Akuntansi sebagai sains yaitu akuntansi sebagai bidang pengetahuan yang menjelaskan fenomena akuntansi secara obyektif, apa adanya dan bebas nilai.
Teori akuntansi dari sudut sains adalah seperangkat konsep, definisi dan proporsi yang saling berkaitan yang secara sistematis yang diajukan untuk menjelaskan fenomena akuntansi. Fenomena Akuntansi yang menjadi perhatian adalah
# Akuntansi sebagai teknologi
 Teknologi adalah seperangkat pengetahuan untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.
Akuntansi sebagai teknologi yaitu penggunaan pengetahuan ilmiah dalam suatu wilayah negara untuk menyediakan informasi keuangan dalam rangka mencapai tujuan sosial dan ekonomi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar