Minggu, 21 Oktober 2012

Profesional Kerja

Profesi merupakan suatu jabatan atas suatu pekerjaan yang menuntut keahlian, keterampilan bagi pelakunya. Sedangkan pengertian dari Profesinal itu sendiri adalah orang yang menyandang suatu jabatan atau pekerjaan yang dilakukan dengan keahlian atau keterampilan yang dimilikinya. Hal ini juga terkait dengan penampilan dan performance seseorang dalam melakukan pekerjaannya.
Dalam kehidupan sehari-hari dalam bekerja  kita sering dituntut untuk bekerja secara profesionalisme.Profesionalisme itu sendiri merupakan komitmen dari para anggota suatu profesi untuk bekerja demi meningkatkan kemampuannya secara terus menerus.
Bekerja keras dan profesional sangat diperlukan dalam dunia kerja saat ini. Namun selain bekerja keras dan profesional, juga dibutuhkan bekerja secara cerdas. Kecerdasan disini maksudnya adalah menggunakan strategi dan taktik dengan pintar untuk mengembangkan diri, memanfaatkan waktu bekerja agar tetap efektif dan efisien, melihat dan memanfaatkan peluang kerja yang ada, melahirkan karya dan buah pikiran yang inovatif dan kreatif. 
Ada beberapa prinsip yang harus dipegang dalam kita bekerja, yaitu:
  1. Kejujuran
  2. Kedisiplinan
  3. Tanggung Jawab
  4. Kebersamaan
  5. Moralitas 
Beberapa tips supaya bisa disenangi oleh atasan ataupun kolega dalam dunia kerja:
  1. Jika anda mempunyai banyak pilihan untuk bekerja, pilihlah yang sesuai dengan passion anda. Apabila tidak, anda harus bekerja keras untuk menjadikan pekerjaan anda menjadi passion anda, dan bersyukur bahwa diluar sana masih banyak orang yang menganggur.
  2. Selalu bersikap mental yang positif, dan bersosialisasi dengan siapapun, selalu melihat sisi positif dari setiap situasi,sehingga pikiran dan hati kita juga ikut positif.
  3. Jadilah pendengar yang baik, maka orang lain juga akan memberikan respon yang positif kepada anda.
  4. Jaga attitude anda, karena itu merupakan modal yang tidak kalah penting untuk menjadi karyawan yang baik.
  5. Teruslah belajar dan jangan cepat puas diri dengan apa yang sudah diraih sekarang ini karena anda akan tergilas dalam persaingan jika anda biasa biasa saja.
  6. Jika anda melakukan kesalahan, anda harus langsung mengakuinya dan jangan coba mencari alasan yang tidak bertanggung jawab dengan mencari kambing hitam.
  7. Jika ditegur atau dimarahi atasan, jangan menunjukkan sikap tidak suka apalagi kalau diforum karena sikap anda ini menunjukkan kekerdilan jiwa anda. Jika anda merasa benar maka tunggu kesempatan untuk anda bicara jangan potong pembicaraannya. Percuma didebat kalau lagi marah, tunggu waktu yang tenang dan coba bicara dari hati ke hati tentang hal yang menurut anda itu bukan salah anda namun pastikan hati anda kosong dan tidak ada kemarahan atau kejengkelan terpendam.
  8. Jaga stamina anda dan perhatikan gaya hidup anda, karyawan yang sakit sakitan walaupun pandai tidak akan bisa bertahan lama. Lakukan balancing secara rutin atas Mind, Body & Spirit anda Semoga ke 21 TIPS ini membantu anda menjadi karyawan yang profesional dan dapat diandalkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar